Tips Menjadi Youtuber Bagi Pemula Hingga Menghasilkan Uang

Tuesday, April 24, 2018

Langkah Penting Menjadi Seorang Youtuber Sukses


Siapa yang tidak ingin terkenal dan menghasilkan uang?. Pasti semua orang menginginkannya. Apabila kamu ingin, salah satu cara yang dapat kamu lakukan adalah menjadi seorang youtuber. Ya, disana kamu akan menjadi sosok yang dikenal serta dapat menghasilkan pundi-pundi uang.

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Youtuber ?

Sebelum kamu memutuskan menjadi youtuber, langkah yang pertama kamu harus pikirkan ialah,
  • Apa yang akan kamu berikan atau tayangkan kepada para audien kamu nanti ?
  • Apakah yang kamu berikan bermanfaat atau menghibur ?
Seandainya kamu sudah memutuskan akan membuat konten tentang apa, langkah selanjutnya adalah :

cara menjadi youtuber sukses

Membuat Akun Youtube

Kamu dapat membuat akun youtube dengan akun google kamu. Apabila sudah memiliki akun google, kamu tinggal mengunjungi web Youtube lalu sign in. Buatlah nama channel yang akan kamu gunakan untuk nama akun youtube kamu nanti.

Buatlah Konten

Konten adalah hal penting yang harus kamu perhatikan. Karena disini bersifat video, jadi konten kamu harus memiliki kualitas video yang baik, agar semua orang dapat melihat dan menyaksikan kontenmu dengan jelas. Baik itu suara maupun visualnya.

Buat konten dengan sebaik mungkin, jangan pernah asal-asalan. Karena disini kamu akan berhubungan dengan banyak orang, baik dalam negeri maupun luar. Bautlah semenarik mungkin dan memiliki manfaat serat diminati banyak kalangan.

Bagikan Konten 

Apabila kamu baru terjun dalam dunia youtube, tentu saja orang-orang belum mengenal tentang konten kamu. Oleh sebab itu, langkah bijak yang harus kamu lakukan adalah membagikan konten yang kamu buat ke beberapa media sosial ataupun grup.

Dengan begitu, kontenmu akan dikenal dan orang-orang mulai memperhatikan setiap konten yang kamu buat.

Buatlah Playlist

Playlist ini akan memudahkan bagi siapa saja yang ingin melihat seluruh konten milik kamu. Dengan begitu, mereka tidak akan kebingungan dalam menontonnya. Karena semuanya sudah sesuai kategori yang ada.

Analisa Trafik Kontenmu

Analisa ini berfungsi sebagai informasi mengenai siapa saja yang sering melihat dan berkunjung. Apabila kamu banyak mendapatkan trafik dari luar indonesia, cobalah untuk membuat konten yang berbahasa inggris, karena itu akan mendongkrak trafik pada channel youtube kamu.

Selalu Terhubung Dengan Audien

Jawablah selalu apabila ada beberapa orang yang memberikan komentar terhadap konten yang kamu bagikan, karena itu akan memberikan kesan bahwa kamu juga memperhatikan mereka. Alngkah baiknya kamu saling berkomunikasi dengan para pengunjungmu.

Itu akan terlihat lebih bagus bukan, dan channel kamu akan selalu terlihat aktif dan hidup.

Lalu, Bagaimanakah Caranya Agar Kamu Bisa Mendapatkan Penghasilan Dari Youtube ?

cara mendapatkan penghasilan di youtube

Untuk dapat menghasilkan uang dari Youtube, kamu harus mendaftar program google yaitu Adsense. Program ini dikhususkan untuk Blog dan juga Youtube. Untuk mendaftar, kamu hanya perlu pergi mengunjungi channel kamu

Langkah - langkah mendaftar adsense Youtube

Lihat terlebih dahulu apakah channel kamu dapat dimonetisasi apa tidak. Karena sebagian besar dari channel ada yang tidak bisa. Biasanya itu dikarenakan ada kesalahan dari konten yang di upload seperti mengandung copyright musik, visual dan unsur porno.

Langkah 1: Baca dan setujui persyaratan Program Mitra YouTube
  • Masuk ke YouTube.
  • Di kanan atas, pilih ikon akun kamu> Creator Studio.
  • Di menu sebelah kiri, pilih Saluran> Status dan fitur.
  • Di bawah "Monetisasi", klik Aktifkan.
  • Ikuti langkah-langkah di layar untuk menerima Persyaratan Program Mitra YouTube.

Langkah 2: Mendaftar untuk AdSense

Buat akun AdSense baru atau hubungkan yang sudah ada ke saluran kamu. Disini kamu memerlukan akun AdSense untuk menghasilkan uang dari video yang kamu upload.

Langkah-langkah untuk menyiapkan akun Adsense.
  • Untuk menerima pembayaran, kamu harus masuk ke akun adsense dan memastikan bahwa kamu telah menyelesaikan penangguhan pembayaran apa pun. 
  • Setelah penangguhan diselesaikan, kamu akan dibayar ketika penghasilan kamu sudah mencapai ambang pembayaran lokal (selama monetisasi tidak ditangguhkan untuk saluran kamu dan mematuhi kebijakan kami).
Catatan : Pada 16 Januari 2018, pihak Google mengumumkan persyaratan kelayakan baru untuk Program Mitra YouTube. Jadi, saluran kamu harus mencapai 4.000 jam tayang dalam 12 bulan sebelumnya dan memiliki 1.000 subscriber. Apabila sudah terpenuhi, channel kamu akan ditinjau untuk bergabung dengan program yang diberikan google.

Langkah 3: Tetapkan preferensi monetisasi
  • Setel jenis iklan apa yang ingin kamu jalankan di video kamu dan aktifkan monetisasi untuk semua video kamu yang ada dan yang akan datang.
  • Saat kamu menyiapkan ini, kamu akan mulai menghasilkan uang segera setelah channel kamu disetujui.
  • Konfirmasikan bahwa kamu ingin memonetisasi untuk semua video yang ada dan yang akan datang.
  • Centang kotak di bawah format iklan untuk memilih jenis iklan yang ingin kamu tampilkan.
  • Klik Simpan.
  • Kamu selalu dapat mengubah pengaturan ini dalam standar monetisasi, sehingga setiap unggahan secara otomatis dimonetisasi atau tidak dimonetisasi, atau pilih video tertentu yang ingin kamu monetisasi.
Langkah 4: Dapatkan ditinjau
  • Setelah saluran kamu memenuhi ambang program, pihak google akan meninjau permohonan kamu dan untuk memastikan bahwa aktivitas channel kamu mematuhi kebijakan Program Mitra YouTube, Persyaratan Layanan YouTube, dan Pedoman Komunitas google. 
  • Nantinya, pihak google akan memberi tahu kamu apabila prosesnya selesai.
  • Jika kamu belum memiliki cukup penayangan untuk peninjauan, teruslah buat konten original dan tingkatkan audiens.
Itulah beberapa tips yang dapat disampaikan. Semoga tips tersebut berguna bagi siapa saja yang ingin terjun dan menjadi seorang youtuber berpenghasilan. Ingat selalu bahwa usaha yang sungguh-sungguh tidak akan pernah menghianati hasil.

Saya hanya seorang yang baru menyukai dunia blogging serta jurnalis.



sentiment_satisfied Emoticon