Cara Efektif Agar Kegiatan Belajarmu Tidak Berubah Menjadi Hal yang Membosankan

Sunday, April 22, 2018

Kegiatan Belajar Menjadi Bosan? Ini Tipsnya


Semua orang tentunya pernah mengalami kebosanan dalam hal belajar, apalagi untuk belajar perhitungan seperti Matematika, Statistika, Akuntansi dan lain sebagainya. Kamu pasti pernah dong merasakan bosan hingga malas.

Keadaan seperti itu memang pasti pernah dirasakan oleh semua orang, apalagi bagi mereka yang saat ini masih berada di bangku pendidikan. Setiap harinya mereka dibekali beberapa pelajaran yang tiada henti. Ditambah lagi tugas yang diberikan serta hal lainnya.

Semua itu ternyata dapat membuat kondisi belajar kamu semakin tidak karuan, bahkan kamu akan sulit untuk mempelajari sesuatu dengan sempurna. Itu dikarenakan kamu tidak memiliki waktu yang wajar untuk memahami sesuatu.

Dalam hal ini, kamu akan selalu mengalami kebosanan, malas, serta minat membaca kamu akan berkurang.


Lantas, apa yang harus kamu lakukan?


Mengatur Waktu Belajar

Waktu belajar harus diatur sedemikian rupa. Itu bertujuan agar kamu tidak terlalu pusing dan bosan dalam mempelajari sesuatu. Belajar pun sama halnya seperti makan, apabila kamu makan terlalu banyak, perutmu akan terasa mual bukan. Begitupun belajar, apabila porsi belajar kamu terlalu dipaksakan, kepalamu akan terasa sakit dan kondisi badanmu berkurang.

Bagaimana Cara Mengatur Waktu Belajar Agar Efisien?
  • Belajarlah di pagi hari, seperti halnya sesudah shalat subuh. Itu akan lebih baik dan efisien karena otak kamu masih segar untuk memahami dan menghafal sesuatu.
  • Luangkanlah waktu belajar paling tidak 2 jam dalam sehari. Lebih baik sedikit akan tetapi berkelanjutan. Daripada kalian memaksakan dalam satu hari 5 jam, tetapi esok harinya kamu malah tidak belajar karena kelelahan.
  • Apabila saat pulang sekolah kelelahan. Kamu bisa mengurangi 15 menit porsi belajar kamu. Percayalah, semua usaha pasti tidak akan menghianati hasil

Metode belajar

Metode belajar sangat diperlukan untuk menunjang kebosanan dalam belajar. Kamu mungkin bosan dengan metode belajar yang hanya membaca buku, pergi ke perpus dan membaca lalu menulis di note. Itu tidaklah salah, akan tetapi, apablia kamu bosan, kamu bisa memulai dengan metode video.

Metode belajar dengan menonton suatu video sangat membantu kamu dalam memahami apa yang dipelajari. Salah satu contohnya saat kamu akan belajar bahasa Inggris. Dari sebagian besar mereka berhasil belajar bahasa Inggris dengan metode pembelajaran melalui video.

Selain itu juga, video dapat membuat suasana pembelajaran menjadi lebih hidup, karena kamu seperti interaksi dengan orang lain. Dalam hal ini, otak kamu akan cepat untuk menangkap apa yang disampaikan dalam video.

Kelompok Belajar


Dalam memahami sesuatu tentu saja kamu perlu dibimbing oleh seseorang. Salah satunya adalah dengan teman sekolah atau teman dekatmu. Membuat kelompok belajar sangat bermanfaat bagi kamu yang bosan belajar sendiri.

Disana kamu akan lebih memahami serta mudah untuk berbagi informasi yang tidak kamu ketahui sebelumnya. Dalam penyelesaian masalah pun akan cepat terselesaikan dalam cakupan pembelajaran.

Metode pembelajaran seperti ini sudah pasti bermanfaat, asalkan jangan terlalu banyak, karena akibatnya yang terjadi bukanlah menjadi kelompok belajar, melainkan kelompok selfie, gosip dan lain sebagainya yang jauh dari tujuan awal yaitu belajar.

Diskusi ini juga bisa dengan guru ataupun dosen kamu, bahkan orang tuamu sekalipun. Kelompok belajar dapat membuat kamu menjadi lebih bersemangat dan aktif kembali untuk memahami sesuatu yang sulit sekalipun.

Belajar Secara Perlahan

Untuk memahami suatu pelajaran yang sulit, tentu kamu harus bersabar. Karena tidak semua yang kamu pelajari akan langsung menempel pada otakmu. Disini, kamu harus bersabar apabila dalam mempelajarinya.

Seperti halnya Matematika, banyak sekali hitungan serta rumus yang harus kamu hafal bukan. Dalam satu hari, kemungkinan besar kamu akan sulit untuk memahami dan mengimplementasikan rumus-rumus tersebut.

Bagaimana cara agar kamu dapat mempelajarinya? 
  • Rumus matematika itu sangat beragam. Akan tetapi, kamu harus mempelajarinya bukan. Disini hal pertama yang bisa dilakukan adalah mempelajarinya sedikit demi sedikit terlebih dahulu. Banyak siswa yang memaksakan untuk memahami sesuatu dengan sekali pembelajaran.
  • Kita bisa bilang bahwa Matematika memerlukan waktu pembelajaran yang ekstra serta fokus yang tinggi. Oleh sebab itu, dalam menghafal rumus, alangkah baiknya kamu lakukan pada pagi hari. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.
  • Apabila kamu masih kurang yakin untuk dapat menghafal dan memahaminya, kamu dapat menggunakan metode kelompok belajar. Berlatih serta mengimplementasikan rumus-rumusnya kepada suatu permsalahan.

Belajar Sambil Bermain

Tentunya kamu merasa bosan untuk belajar didalam ruangan bukan. Inilah saatnya kamu untuk belajar diluar ruangan. Ya, ini akan membuat semangat serta otakmu menjadi bugar kembali. Kamu tentu saja membutuhkan suasana yang berbeda dalam belajar bukan.

Belajar di alam terbuka sangatlah menyenagkan. Salah satunya kamu dapat mempelajari sejarah dengan mengunjungi berbagai tempat bersejarah seperti Museum. Nah, bagi kamu yang dekat dengan tempat bersejarah tersebut, sangat disayangkan apabila kamu tidak mencobanya.

Disana kamu akan menemukan berbagai macam informasi yang mungkin kamu belum tahu. Belajar sejarah itu sangatlah penting serta memiliki manfaat. Selain belajar pun kamu dapat melihat berbagai macam fosil serta benda bersejarah lainnya.

Kamu pun bisa foto-foto untuk melepaskan beban pikiran dalam belajarmu. Bermain sambil belajar merupakan metode yang sangat efektif untuk memperkenalkan sesuatu kepada dirimu. Tidak heran, banyak siswa dan siswi Sekolah Dasar menggemari metode pembelajaran satu ini.

Kesimpulan

Dalam menghilangkan kebosanan dalam belajar, ada banyak cara untuk melawannya. Seperti yang tadi sudah dijelaskan, belajar menjadi bosan itu karena beberapa faktor seperti metode belajar yang monoton, tidak adanya pembagian waktu dan liburan.

Saya hanya seorang yang baru menyukai dunia blogging serta jurnalis.



sentiment_satisfied Emoticon