Cara Cerdas Dalam Menghadapi Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN)

Monday, April 23, 2018

Cara Menghadapi Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN)


Ujian menjadi salah satu hal yang membuat para siswa lebih giat untuk belajar dan menghafal. Terkadang mereka akan memberikan waktu khusus untuk belajar penuh dalam menghadapi Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN). Banyak diantaranya yang menyibukkan diri dengan mengikuti les privat.

Tahukah kamu, bahwa Ujian Akhir Sekolah dapat membuat kamu selalu berfikiran was-was? Seperti halnya takut mendapat nilai dibawah rata-rata. 

Tentu saja kamu tidak ingin hal itu terjadi bukan?

Lalu apa yang harus kamu lakukan dalam persiapan menghadapi ujian nanti?. Mari kita simak beberapa cara dan tips dalam persiapan menghadapinya.


Mengatur Waktu Belajar 

Mengatur waktu dalam persiapan menghadapi ujian sangat diperlukan. Karena disana kamu dapat memporsi hal apa saja atau pelajaran apa saja yang harus kamu prioritaskan terlebih dahulu. Tentunya banyak yang harus kamu lakukan pada tahap ini.
  • Pahamilah pelajaran dalam tenggat waktu satu jam. Hal ini hanya bertujuan untuk mengasah otak dan mengetahui berapa banyak informasi yang dapat diserap dan diingat oleh pikiran kamu. 
  • Seandainya dari satu jam kamu sudah bisa memahami sekitar 75% dari pelajaran yang dipelajari, berarti hal yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah membagi porsi yang pas pada setiap pelajaran yang lain.
  • Usahakan mengambil waktu belajar di pagi hari setelah shalat subuh. Waktu tersebut sangat pas untuk menghafal dan memahami persiapan untuk ujian. Gunakanlah pikiranmu dipagi hari untuk menghafal yang menurut kamu layak untuk dipelajari.

Kerja Kelompok

Kata siapa kerja kelompok hanya dapat dilakukan saat sedang ada tugas saja?. Padahal, ini bisa kamu manfaatkan untuk persiapan menghadapi ujian. Buatlah beberapa kelompok dan salinglah belajar bersama latihan soal-soal. 

Kebanyakan siswa saat ini hanya mengandalkan internet, padahal, dengan berkumpul dan belajar bersama akan lebih enak dan kemungkinan besar memahami pelajaran akan lebih terbuka lebar.

Kamu dapat bertukar pikiran, juga mengetahui bagaimana cara penyelesaian soal-soal yang sulit dengan beberapa temanmu. Ujian akan terasa mudah dan tidak mengkhawatirkan apabila kamu berusaha dan bersungguh-sungguh.

Buatlah Catatan Kecil
Membuat catatan kecil merupakan hal yang harus kamu lakukan untuk mempersiapkan diri kamu dalam menghadapi ujian. Kamu bisa menuliskan rumus serta penjabarannya dicatatan kecil tersebut. Selain itu, kamu juga bisa menuliskan beberapa pengertian yang menurut kamu perlu untuk dihafal.

Poin penting yang ditulis dalam catatan tersebut kamu baca dan pahami setiap harinya. Agar daya ingat kamu terhadap semua poin yang ditulis tetap diingat saat ujian tiba.

Mengikuti Les

Dalam persiapan menghadapi ujian, kamu bisa menyibukkan diri kamu dengan mengikuti berbagai macam les privat. Saat ini banyak sekali penyedia les privat online baik yang gratis maupun berbayar. Kamu bisa mendaftakan diri kamu disalah satu layanan penyedia les privat tersebut.

Istirahat yang Cukup

Bagi kamu yang akan menghadapi ujian, tentunya kamu harus selalu menjaga kesehatan diri kamu. Kamu tentunya tidak ingin kan saat ujian tinggal beberapa hari tapi nyatanya tubuhmu malah jatuh sakit. Pasti itu akan menghambat kamu dalam menjawab soal-soal ujian nanti.

Oleh karena itu, beristirahatlah yang cukup, jangan keseringan tidur larut malam dan melakukan hal-hal yang tidak berguna.

Berusaha dan Berdo'a

Dalam melengkapi keseluruhan, tentu saja itu semua harus didampingi oleh kesungguhan, keseriusan dan do'a. Karena itu semua akan membuat ujianmu menjadi lancar. Usaha yang kamu lakukan kemarin dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian, pasti akan memberikan hasil yang sesuai dengan kerja keras serta ketekunanmu.

Percayalah, semua yang dilakukan dengan sungguh-sungguh akan mendapat hasil yang sesuai.

Kesimpulan

Dalam menghadapi ujian kamu hanya perlu untuk lebih konsiten terhadap apa yang harus kamu pelajari. Dalam konteks ini, kamu harus mempelajarinya lebih daripada biasanya. Selain itu, ujian ini juga dapat menjadi salah satu alat pengukur tingkat kecerdasan kamu.

Bagi kamu yang selalu belajar, tentunya menghadapi ujian bukanlah sesuatu yang sulit. Apalagi menghadapi UASBN. Jika kamu rajin dalam belajar, kamu tidak usah khawatir, karena usaha dan kerja keras yang kamu lakukan itu tidak akan sia-sia.  

Saya hanya seorang yang baru menyukai dunia blogging serta jurnalis.



sentiment_satisfied Emoticon